Sabtu, 28 Maret 2015

Kebersihan Menurut Pandangan Islam

Ada pepatah yang mengatakan “kebersihan adalah pangkal kesehatan”. Artinya kebersihan itu sangat penting untuk diperhatikan karena berpengaruh terhadap kesehatan. Karena sangat pentingnya kebersihan, maka Rasulullah saw mengingatkan bahwa kebersihan merupakan bagian dari iman. Artinya orang yang beriman wajib memperhatikan kebersihan.
Begitu pentingnya kebersihan sampai-sampai dalam ibadah shalatpun dipersyaratkan untuk wudlu. Bagi orang yang berhadast kecil Rasulullah SAW mengatakan: “Tidak sah shalat tanpa wudlu”. Sedang bagi orang yang berhadats besar, diwajibkan untuk mandi junub.
Bersih secara fisik memang akan mendatangkan kesehatan fisik. Bahkan secara fisikpun nampak menjadi indah. Namun kebersihan dan kesehatan fisik tidak akan bermakna bila tidak diikuti dengan kebersihan dan kesehatan rohani.
Rusaknya bangsa ini, banyaknya korupsi di sana sini, terjadinya konflik di berbagai pelosok negeri disebabkan oleh rusak moral bangsa. Padahal nilai suatu bangsa itu terletak pada kualitas moralnya. Jasmani mereka sehat, tetapi rohani mereka tidak terawat. Hati mereka tidak bersih, sehingga rohani mereka tidak sehat.
Padahal di akherat nanti orang-orang yang datang kepada Allah dan diterima untuk masuk sorga hanyalah orang-orang yang berhati bersih. ( (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih,) [QS Asy-Syu’araa’ : 88-89] Bersih dari syirik, sehingga menjadi pribadi yang bertauhid.

يَوْمَ لا يَنْفَعُ مَالٌ وَلا بَنُونَ إِلا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ

(yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih,
Bersih dari kesombongan sehingga menjadi pribadi yang tawadlu’. Bersih dari iri dan dengki sehingga menjadi pribadi yang zuhud dan qana’ah. Bersih dari benci dan dendam, sehinga menjadi pribadi yang hatinya diwarnai dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan.
Umat Islam seharusnya lebih banyak bersyukur kepada Allah yang telah menganugerahi mereka dengan agama yang sempurna. Agama yang menuntun umatnya untuk senantiasa menjaga kebersihan jasmani dan kebersihan rohani. Mencuci tangan, berkumur, bersikat gigi (bersiwak), mandi, memakai wangi-wangian, dan berpakaian indah telah dituntunkan oleh Rasulullah saw sejak 14 abad yang lalu.
Pernah suatu ketika di saat Rasulullah SAW memberikan khutbah Jum’ah, beliau mencium bau keringat yang menyengat. Sesudah itu beliau menganjurkan umat agar mandi sebelum berangkat berjum’at.
Bahkan Allah sendiri menuntunkan umat Islam agar memakai pakaian yang indah saat hendak memasuki masjid. (Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan) [QS Al-A’raaf : 31]

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di Setiap (memasuki) mesjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.
Kalau sampai saat ini masih ada umat Islam yang tampil dekil, kotor, berpakaian lusuh, dan tidak wangi, mungkin dia sedang lupa untuk mengikuti sunnah Nabi. Pepatah Jawa mengatakan: “Ajining raga saka busana, ajining diri saka ing lati“.
Jasmani kita dihargai karena pakaian yang kita pakai itu indah, serasi, bersih, rapi, dan wangi. Sedangkan pribadi kita dihargai karena tutur kata yang kita ucapkan itu baik, benar, dan enak didengar telinga.
Saudaraku, bukan badan yang bersih yang membuat hati kita bersih. Tetapi hati yang bersihlah yang menuntun kita untuk mengikuti sunnah Rasulullah saw dalam berpenampilan bersih, indah, rapi, serasi, dan wangi. Wallahu a’lam bishshawab

 Makna ‘Thaharah” mencakup aspek bersih lahir dan batin. Bersih lahir artinya terhindar dari segala kotoran, hadas dan najis. Sedangkan bersih batin artinya terhindar dari  sifat tercela.
                  Dalam agama Islam, ajaran tentang kebersihan menyangkut berbagai hal, antara lain :
1.       Kebersihan rohani
Ajaran kebersihan mendasar adalah menyangkut kebersihan rohani
2.       Kebersihan badan
Kebersihan badan dan jasmani merupakan hal yang tidak terpisahkan dengan kebersihan rohani, karena setiap ibadah harus dilakukan dalam keadaan bersih badan.
3.       Kebersihan tempat
Ajaran kebersihan juga menyangkut kebersihan tempat melaksanakan ibadah atau sarana peribadatan. Mesjid sebagai tempat suci, dimana kaum Muslimin melakukan ibadah harus dipelihara kesucian dan kebersihannya karena ibadah shalat tidak sah jika dikerjakan ditempat yang tidak bersih atau kotor. 
4.       Kebersihan pakaian
Kebersihan pakaian sangat penting, karena pakaian melekat pada badan yang berfungsi menutup aurat, melindungi badan dari kotoran dan penyakit serta memperindah badan, maka ajaran Islam menyatukan antara kebersihan badan dan kebersihan pakaian.
5.       Kebersihan makanan
Ajaran Islam tentang kebersihan makanan menyangkut aspek kebersihan dari segi kesehatan dan kebersihan dalam arti makanan yang halal.
Makanan yang halal adalah makanan yang dibolehkan oleh agama, sedangkan makanan yang baik adalah makanan yang memenuhi syarat-syarat kesehatan, termasuk makanan bersih, bergizi dan berprotein.
6.       Kebersihan lingungan
Ajaran Islam memandang penting kebersihan lingkungan hidup, menghindarkan pencemaran dari limbah atau sampah.
7.       Kebersihan dalam rumah tangga
Ajaran Islam tentang kebersihan juga menyangkut kebersihan rumah tangga, baik mengenai tempat tinggal maupun hubungan antara anggota keluarga khususnya suami istri.
8.       Kebersihan harta
Ajaran Islam tentang kebersihan juga meliputi tentang kebersihan harta, karena dalam harta itu terdapat hak Allah Swt. dan orang lain. Cara membersihkan harta adalah dengan membayar zakat harta, zakat fitrah, infaq dan sedekah. Seperti firman Allah Swt. dalm Qs. at-Taubah ayat 103 yang berbunyi

Yang termasuk khamsatul fitrah, adalah :
  1. Macam-macam najis dan cara membersihkannya
Adapun pengertian kotoran dalam ajaran Islam secara khusus dikenal dengan nama najis, yaitu kotoran yang bagi setiap muslim wajib menyucikan diri dari padanya dan menyucikan apa yang dikenai. Najis harus disucikan, karena ia adalah sumber segala penyakit. Najis terdiri dari :
a.       Bangkai
Bangkai adalah binatang yang mati tanpa disembelih menurut ketentuan agama Islam, termasuk apa yang dipotong dari binatang hidup atau apa yang terlepas dari padanya. Bangkai harus dibersihkan sehingga tidak meninggalkan bekas, misalnya dikubur, karena bangkai mengandung darah yang busuk yang dapat menjadi tempat timbulnya penyakit dan penularannya.
b.       Darah
Yaitu darah yang dapat mengalir atau tertumpah, misalnya darah binatang yang disembelih, darah haid dan nifas. Darah ini harus dibersihkan hingga tidak berbekas dan tidak berbau, sebab di dalam darah itu mungkin ada bakteri yang menyebabkan penyakit tertentu.
c.       Daging babi
Daging babi tidak boleh dimakan dan bila menyentuhnya harus dibersihkan
d.       Muntahan
Muntahan adalah kotoran yang keluar dari mulut manusia, muntah ini harus dibersihkan karena mungkin di dalamnya mengandung vibrio kholera atau bakteri lain yang membahayakan
e.       Air kencing
Air kencing harus dibersihan hingga hilang zat, warna dan baunya, karena di dalam air kencing mungkin ada baksil yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Air kencing bayi laki-laki yang belum diberi makan tetapi hanya minum air susu ibunya cara menyucikannya cukup dengan memercikkan air atau mengelapnya dengan kain basah, sedangkan air kencing bayi perempuan tetap disucikan seperti air kencing orang dewasa.
f.        Kotoran manusia
Kotoran manusia adalah kotoran berupa zat yang keluar dari dubur. Kotoran manusia harus dikubur karena mungkin mengandung bakteri yang bisa membahayakan kesehatan manusia.
g.       Wadi
Wadi adalah cairan kental yang keluar dari kubul mengiringi air kencing
h.       Madzi
Madzi adalah cairan jernih bergetah yang keluar sewaktu mengingat senggama atau sedang bercanda, baik laki-laki maupun perempuan.
i.         Mani
Mani adalah cairan putih bergetah yang keluar waktu bersenggama atau mimpi bersenggama.
j.         Kencing dan kotoran binatang
Keduanya merupakan najis yang harus dibersihkan seperti kencing dan kotoran manusia
k.       Khamar
Khamar atau arak adalah minuman keras yang memabukkan. Khamar adalah najis, hukumnya haram dan harus dibersihkan karena menimbulkan berbagai penyakit baik jasmani maupun rohani.
l.         Anjing
Air liur anjing adalah najis dan wajib mencuci segala apa yang dijilatnya sebanyak tujuh kali, mula-mulanya dengan tanah kemudian dengan air suci  menyucikan.
m.     Dahak dan nanah
Air dahak dan nanah harus dibersihkan hingga hilang zatnya, warnanya dan baunya, karena di dalamnya mengandung bakteri yang menimbulkan penyakit.
  1. Ruang lingkup obyek kebersihan atau thaharah
            Hal-hal yang harus dibersihkan dari najis adalah :
a.       Menyucikan badan dan pakaian
Bila badan atau pakaian terkena najis, hendaklah dicuci dengan air sampai hilang zatnya, rasanya, warnanya dan baunya.
b.       Menyucikan tanah
Bila tanah ditimpa najis, maka disucikan dengan menumpahkan air kepadanya. Bisa juga dengan mengeringkannya.
c.       Menyucikan terompah/sepatu
Terompah / sepatu yang bernajis, menyucikannya dengan menggosokkannya ke tanah.
d.       Menyucikan kulit binatang
Kulit binatang baik luar maupun dalamnya, disucikan dengan jalan menyamaknya.
  1. Qadhaul Hajah ( buang air )
            Bagi orang yang hendak melakukan buang air besar ada adab atau tertibnya, yaitu :
a.       Tidak membawa barang yang memuat nama Allah Subhanahu wa Ta'ala.
b.       Menjauhkan atau menyembunyikan diri dari manusia
c.       Membaca do’a sebelum masuk WC, yaitu :
       (بِسْمِ اللهِ) اَللهُم إنيْ  اعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَاعِثِ
           Artinya : Dengan nama Allah,  Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung
                   kepada-Mu dari godan setan laki-laki dan perempuan.
( H.R. Al-Bukhari dan Muslim ).
d.       Tidak berbicara, baik berupa zikir ataupun lainnya. Maka tidak perlu menjawab ucapan salam atau adzan.
e.       Tidak menghadap atau membelakangi kiblat
f.        Menjauhi tempat orang berenang, jalanan dan tempat pertemuan manusia
g.       Tidak buang air di tempat mandi, kolam atau bak dan  air tergenang.
h.       Tidak kencing berdiri.
i.         Wajib menghilangan najis dari kubul dan dubur.
j.         Tidak bersuci dengan tangan kanan demi menjaga kebersihannya.
k.       Mencuci tangan dengan sabun atau menggosokkan tangan ketanah setelah bersuci, agar hilang baunya.
l.         Memakai alas kaki seperti terompah atau sandal masuk ke WC.
m.     Mendahulukan kai kiri sewaktu hendak masuk Wc dan bila keluar melangkah dengan kaki kanan.
  1. Khishahul Fitrah
Secara khusus, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. memberikan perhatian mengenai kebersihan dalam lima perkara sebagaimana sabdanya :
خَمْسٌ مِنَ اْلفِطْرَةِ اْلإسْتِحْدَادُ وَاْلخِتَانُ وَقَصُ الشَارِبِ وَتَنْفُ اْلإبْطِ وَتَقْلِيْمُ اْلأ َظَافِرِ
Artinya : “ Lima perkara berupa fitrah, yaitu : memotong bulu kemaluan, berkhitan, memotong kumis, mencabut bulu ketiak dan memotong kuku.” (H.R. Jama’ah)

Dari hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa yang perlu mendapat perhatian dalam kebersihan adalah :
a.       Memotong bulu kemaluan
Dengan maksud agar kotoran dan bibit penyakit yang ada disekitarnya dapat dibersihkan.
b.       Berkhitan
Adalah memotong kulup (kulit yang menutupi ujung kemalian) dengan maksud memudahkan membersihkannya sehingga tidak ada sisa najis.
c.       Memotong kumis
Dengan maksud agar tidak ada kotoran dibawah lubang hidung yang mungkin terhisap pada waktu bernafas yang mengakibatkan timbulnya penyakit.
d.       Mencabut bulu ketiak
Dengan maksud agar tidak ada kotoran yang terlindungi oleh bulu ketiak yang sulit dibersihkan
e.       Memotong kuku
Dengan maksud agar tidak ada kotoran yang sulit dibersihkan karena ada kotoran dari ujung jari terhalang oleh kuku.
  1. Gashl ( mandi )
                   Gashl atau mandi adalah membersihkan seluruh badan dengan menyiramkan air ke seluruh tubuh secara merata. Gashl/ mandi dalam ajaran Islam terbagi atas :
a.       Mandi wajib
Yaitu membasahi seluruh bagian tubuh. Mandi wajib ini disebut juga mandi junub, yang menyebabkannya adalah :
1). Keluar mani baik diwaktu bangun atau diwaktu tidur, laki-laki ataupun perempuan.
2). Bersenggama
3). Mati, orang yang meninggal dunia wajib dimandikan.
b.       Selain mandi wajib
Disebut juga mandi sunat, yaitu :
1). Mandi pada hari Jum’at
2). Mandi pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha
3). Mandi bagi orang yang sudah memandikan mayat
4). Mandi ihram
5). Mandi ketika hendak masuk ke kota Mekah
6). Mandi bagi orang yang baru masuk Islam.
  1. Wudhu
Wudhu adalah membersihkan beberapa bagian dari anggota badan, yang dilakukan sebelum melaksanakan ibadah tertentu, khususnya ibada shalat, karena wudhu merupakan salah satu syarat sah shalat. Adapun urutan yang dibersihkan dalam wudhu adalah sebagai berikut :
a.       Menggosok gigi atau siwak
b.       Mencuci kedua telapak tangan
c.       Berkumur-kumur
d.       Memasukkan air kehidung kemudian mengeluarkannya
e.       Menyilang-nyilangi jenggot bila berjenggot
f.        Menyilang-nyilangi anak jari
g.       Membasuh muka
h.       Membasuh kedua tangan
i.         Menyapu kepala dan kedua telinga
j.         Membasuh kedua kaki
  1. Kebersihan dalam rumah tangga
            Perkawinan yang disyaratkan Agama Islam adalah ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan mengikuti sunnah Rasul-Nya, untuk membangun keluarga bahagia dan kekal yang dijalin dengan mawaddah dan rahmah menuju keluarga sakinah.
            Keluarga yang sehat adalah keluarga yang dapat melahirkan kebahagiaan dan kesejahteraan lahir batin bagi anggota keluarga, dapat melahirkan keturunan yang baik dan berkualitas dan mendatangan manfaat bagi kehidupan masyarakat secara luas. Kondisi-kondisi yang mendukung terwujudnya kesehatan keluarga atau keluarga sehat diantaranya adalah :
a.       Kedewasaan dan kematangan fisik dan mental suami, isrti dan anak-anak dari kehidupan keluarga.
b.       Ketaatan menjalankan ajaran agama dari semua anggota keluarga, saling mencintai, saling menghormati dan saling menyayangi diantara anggota keluarga
c.        Adanya tempat tinggal yang memadai dan memenuhi syarat kesehatan
d.       Makanan dan minuman yang halal serta memenuhi syarat kesehatan
e.       Lingkungan hidup yang baik dan memenuhi syarat kesehatan
f.        Lingkungan masyarakat yang baik menunjang pendidikan dan kesehatan anak
g.       Anggota keluarga, terutama suami istri memiliki pengetahuan, pemahaman dan wawasan tentang kesehatan
h.       Tersedianya sarana yang diperlukan untuk perawatan kesehatan
Rumah tangga Islami adalah keluarga yang melaksanakan ajaran Islam
               yang antara lain mengenai ajaran kebersihan dan kesehatan lingkungan untuk
               mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

2 komentar:

  1. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
    berikan 4 angka < 4284 > alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
    insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
    juta, wassalam.


    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..







    Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082-313-336-747)))




    atau klik langsung di KLIK DSINI BOCORAN TOGEL



    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/



    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/



    angka GHOIB; malaysia



    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/



    angka GHOIB; laos







































    kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
    berikan 4 angka < 4284 > alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
    insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
    juta, wassalam.


    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..







    Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082-313-336-747)))




    atau klik langsung di KLIK DSINI BOCORAN TOGEL



    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/



    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/



    angka GHOIB; malaysia



    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/



    angka GHOIB; laos

    BalasHapus

 
PROFIL ROHIS SMANA™
Postingan Blog™
Masuk ke Blog™
under construction: i'am sorry for any inconvenience.. this blog in renewal process, thank you™